Selasa, 17 April 2012

Komunikasi Politik

Devinisi Komunikasi Politik

Komunikasi Politik adalah bidang dalam ilmu komunikasi yang berkenaan dengan politik. Dalam hal ini, aktivitas komunikasi mempengaruhi kegiatan politik, begitu pula sebaliknya

Sebagai turunan dari Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi, bidang Komunikasi Politik berkaitan dengan pembuatan, penyebarluasan, penerimaan, dan dampak-dampak informasi berkonteks politik, baik melalui interaksi media massa maupun antar manusia.

Di dalam Komunikasi Politik terdapat studi media massa, analisis pidato-pidato atau pernyataan para politisi dan orang-orang yang berusaha mempengaruhi proses politik, perkembangan isu-isu politik di tengah masyarakat, dan lain-lain.

Tidaklah mudah menentukan definisi Komunikasi Politik,sebagaimana disampaikan Denton dan Woodward dalam Political Communication in America, faktor penting dalam melakukan kegiatan komunikasi yang politis bukanlah sumber pesan, melainkan isi dan tujuannya.

Brian McNair memberikan gambaran singkat mengenai Komunikasi Politik. Menurut McNair, Komunikasi Politik adalah aktivitas komunikasi tentang politik yang sarat tujuan. Aktivitas yang dimaksud tidak hanya berbentuk komunikasi verbal dan tertulis, tetapi juga melibatkan simbol-simbol nonverbal seperti pakaian, rias wajah, gaya rambut, desain logo, dan sebagainya. Dengan kata lain, identitas atau citra politik turut berperan dalam Komunikasi Politik.

Studi Komunikasi Politik adalah multidisipliner, karena menyinggung aspek-aspek dalam banyak ilmu pengetahuan, di antaranya ilmu sosial, jurnalisme, dan psikologi pendidikan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda